Rabu, 03 Oktober 2012

Perbandingan antara 3G dan GPRS (E-Business)

Perbandingan antara GPRS dan 3G

Wendy Indrayanto Piter
101102092
5-A4


KONEKSI INTERNET DENGAN GPRS (GENERAL POCKET RADIO SERVICE)
Koneksi internet dengan GPRS adalah koneksi yang menggunakan handphone GSM sebagai modem. Tentu saja tidak semua handphone yang bisa digunakan sebagai modem. Hanya handphone yang memiliki fasilitas WAP saja yang bisa digunakan. Koneksi internet mobile bisa menggunakan jaringan HSDPA, 3G ataupun GPRS. Pada jaringan yang menyediakan layanan 3G, kanal data terpisah dari kanal suara. Sedangkan pada jaringan GSM, penggunaan GPRS tidak demikian, sehingga tingkat aktivitas pemakaian telpon seluler untuk komunikasi suara di suatu BTS akan mempengaruhi koneksi komunikasi data melalui GPRS.
Pada jaringan GSM, suara mendapatkan prioritas lebih tinggi daripada pemakaian kanal untuk data. Akibatnya pada saat BTS di suatu lokasi mendekati jumlah maksimum kapasitas pemakaian, maka komunikasi akses untuk data melalui GPRS akan dihentikan sampai dengan kanal tersedia kembali. Oleh karena itu sangat disarankan kepada para pelanggan yang menggunakan akses melalui GPRS untuk menggunakannya di luar jam sibuk.


Contoh : Koneksi Internet dengan GPRS


KONEKSI INTERNET DENGAN 3G (UMTS)
3G merupakan pengembangan teknologi GPRS dengan akses internet berkecepatan tinggi. Teknologi 3G (third-generation technology) menyuguhkan kecepatan maksimal 384 Kbps. Kecepatan tersebut lumayan cepat bila digunakan untuk mengakses data dan mendownload file berukuran kecil atau sedang. Sedangkan untuk area yang sudah menggunakan 3G tersebut masih diperluas hingga ke beberapa kota atau tingkat kabupaten. PC atau notebook dapat menggunakan modem khusus ataupun memanfaatkan ponsel sebagai alternatif untuk konek ke internet. Anda mungkin tidak menemukan masalah "koneksi lelet" baik dengan modem khusus ataupun ponsel pada lokasi yang sinyalnya baik, tetapi pada beberapa kondisi wilayah tertentu, sinyal dapat saja lemah.Tips berikut mungkin berguna bagi anda.
Modem dapat menangani masalah sinyal lemah lebih baik daripada ponsel. Ini disebabkan karena modem memang dibuat secara khusus untuk menangani sinyal jaringan 3G/3.5G. sedangkan Ponsel harus membagi jaringan antara komunikasi telepon (GSM) dengan jaringan 3G/3.5G.akibatnya ya koneksi bisa saja lelet.

Contoh : Koneksi Internet dengan 3G

Menurut saya, koneksi internet dengan 3G lebih bagus di banding koneksi internet dengan GPRS,karena didalam koneksi internet 3G itu mempunyai kelebihan-kelebihan,yaitu : 
  1. Kecepatan aksesnya lebih tinggi daripada GPRS.
  2. Bisa digunakan dimana saja,asal masih dalam jangkauan 3G.
  3. Jika anda menggunakan time base dan berada dalam jangkauan 3G,maka anda bisa mendownload dengan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar